#navbar-iframe {display:none}

Minggu, 19 Juli 2009

Pelindung Sein Yamaha Mio Cegah Jengkel Sehabis Parkir

OTOMOTIFNET - Pulang wakuncar (waktu kunjung pacar) dan JJM (jalan-jalan ke mal), bukannya gembira, Eko malah jengkel. Gara-gara skutiknya yang diparkir baret-baret di bagian lampu sein. Keruan ini mengundang tanya Hendi, sahabatnya.

Duilehh.. tampang lo lecek amat Ko. Ada apa sih!” tanya Hendi. “Abis berantem sama doi lo?”
“Gak, Hen. Justru itu gue lagi kesal!” sahut Eko sembari nyeritain kejadian nyebelin di parkiran motor itu.
“Ah itu mah biasa. Tapi enggak usah bingung, gue punya solusinya, kok!”
“Gimana, tuh?” kejar Eko penasaran.

Hendi pun bilang, kalo kejadian yang dialami Eko kerap dirasakan pemilik skutik lain. Makanya, ia mau kasih tipsnya. “Bikinnya gampang, cuma pake kawat nyamuk aja. Biar sinar lampu sein tetep keliatan sama yang lain, lubang kawat nyamuknya cari yang agak gede (gbr.1),” ujarnya.

Harga kawat nyamuknya, sekitar Rp 10 ribuan per meter dan ada di toko bangunan. Untuk cara pasangnya Hendi praktikkan ke motor Yamaha Mio milik Eko. “Tapi trik ini bisa diterapkan di motor lain, kok. Tinggal sesuaikan sama mika lampunya aja!”

Oke! Keluarkan tool kit buat bikin cover lampu sein, antar lain; obeng kembang (+), kunci pas ukuran 10 dan juga siapin gunting. Langsung bongkar yuks! Ikuti langkah ini.


Gbr 1 Gbr 2

1. Buka dua baut yang mengikat pelat nomor dengan kunci pas 10.

2. Copot baut dudukan pelat nomor pakai obeng kembang (+). “Kalo keras, pake obeng ketok, tapi mukulnya hati-hati, nanti dudukan pelat itu yang di dalam bisa miring,” sarannya.

3. Lepas 4 baut pengikat cover depan atau tameng pakai obeng kembang (+). “Jangan lupa, baut yang di depan juga ada,” sambil nunjukin 2 baut yang ada di kanan-kiri dek depan (gbr.2). Eits! Soketnya jangan lupa dicabut, ya!

4. Copot baut lampu sein depan berikut mikanya, manfaatkan obeng kembang (gbr.3).

5. Setelah mika lepas, ukur panjang dan lebar kawat nyamuk tadi dan dibentuk sesuai lekukan mika lampu seinnya. “Lekukannya dilipat ke dalam mika, biar tak kelihatan (gbr.4),” tambah pria kelahiran Batavia ini.


Gbr 3 Gbr 4

Setelah beres, tinggal pasang seperti semula deh! “Selain lampu sein, bisa juga buat cover yang lain lo,” tambah Hendi. Misal mika lampu depan, lampu rem belakang dan bisa buat nutupin kisi-kisi alias lubang udara di bodi.

“Biar tampilan tambah keren dan cihuy, bisa disemprot dulu pake cat kaleng, sebelum dipasang ke mika lampu seinnya,” tutup pria yang nongkrong di G Motor daerah Bintaro, Jaksel.

Oke, kan Ko?

Penulis/Foto: Teguh/Teguh

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com